Soal Ketegangan Lebanon-Israel, Perancis Dikabarkan Bakal Beri Dukungan Pada LAF

- Senin, 24 Juni 2024 | 18:49 WIB
Ilustrasi tentara Lebanon. (Foto: Freepik/kjpargeter)
Ilustrasi tentara Lebanon. (Foto: Freepik/kjpargeter)

Arahpublik.com - Seorang pejabat Prancis menyoroti potensi keterlibatan negaranya terhadap keamanan militer Lebanon.

Dikutp dari berbagai sumber, Prancis dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk memberikan dukungan kepada Lebanese Armed Forces (LAF) apabila gencatan senjata tidak kunjung terjadi di Palestina.

Hal ini mungkin terjadi jika Beirut memutuskan untuk mengerahkan pihak keamanan mereka di perbatasan selatan sebagai bagian dari misi keamanan dalam menghadapi pasukan pendudukan Israel.

Pada hari Jumat, (21/6/24) seorang pejabat Perancis yang tidak disebutkan namanya yang menyoroti potensi keterlibatan Paris di perbatasan selatan Lebanon, meskipun tidak jelas apa niat mereka.

Baca Juga: Kemenag Dinilai Langgar Kesepakatan Pembagian Kuota Haji, Komisi VIII DPR: Jelas Salahi Kesepakatan Dalam Raker

Bahkan, Prancis juga diketahui sedang mengevaluasi berbagai inisiatif di Lebanon.

Salah satu inisiatif tersebut adalah penjadwalan ulang konferensi internasional di Paris yang akan mendorong negara-negara sahabat untuk memberikan kontribusi keamanan kepada militer Lebanon khususnya untuk mendukung operasi di wilayah selatan.

Pada awalnya, konferensi ini diadakan pada bulan Februari, namun dibatalkan.

Pejabat tersebut juga menekankan bahwa saat ini ada banyak diskusi antara Prancis-Lebanon di Beirut atau negara-negara dan ibu kota lainnya mengenai bagaimana mengamankan bagian selatan negara tersebut.

Baca Juga: Server PDN Kemenkominfo Alami Gangguan, Polri Lakukan Assessment: Jika Ditemukan, Proses Pidana Bakal Diproses

Pejabat tersebut juga mengatakan narasi mereka selama diskusi memiliki kesamaan.

“Kita perlu bersiap untuk memfasilitasi peningkatan kehadiran LAF di Lebanon Selatan untuk berkontribusi terhadap keamanan rakyat Lebanon dan kedaulatan negara dan wilayah Lebanon. kami berharap negara Lebanon bisa menegakkan kedaulatannya di wilayahnya. Namun tentu saja banyak tantangannya,” kata pejabat itu.

Pejabat tersebut juga mengatakan apa yang Pemerintah Prancis lakukan adalah mengidentifikasi cara-cara di mana kami dapat membantu mereka (LAF) dan mereka akan memaksakan rencana ini jika peperangan terjadi.

Baca Juga: Jokowi Ulang Tahun ke-63, Prabowo Beri Ucapan Selamat di Bandara Halim Perdana Kusuma

Halaman:

Editor: Al-Afgani Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X